Pages

Sabtu, 30 November 2013

Tugas 7 : Pengantar bisnis

1. Sifat bisnis Internasional dan hal yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari

  • Tidak semua kebutuhan masyarakatnya dapat dipenuhi oeh komoditi yang dihasilkan di dalam negeri, sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut, harus di lakukan impor dari negara yang memproduksinya. Sebagai contoh meskipun negara arab adalah negara yang kaya, namun tidak dapat menghasilkan karet untuk bahan baku ban mobil, sepatu atau sandal. Tentunya untuk memenuhi kebutuhan bahan baku karet tersebut harus membelinya dari negara-negara yang menghasilkannya.
  • Karena terbatasnya konsumen, tidak semua hasil produksi dapat dipasarkan di dalam negeri, sehingga perlu dicari pasar diluar negeri. Untuk itulah suatu negara membutuhkan negara lain untuk ekspansi pasar bagi produknya.
  • Sebagai sarana untuk melakukan proses alih teknologi. Dengan membeli produk asing suatu negara dapat mempelajari bagaimana produk tersebut dibuat dan dipasarkan, sehingga dalam jangka panjang dapat melakukan produksi untuk barang yang sama.

  • Perdagangan antar negara sebagai salah satu cara membina persahabatan dan kepentingan-kepentingan politik lainnya.

  • Secara ekonomis dan matematis perdagangan antar negara dapat mendatangkan tambahan keunntungan dan efisensi dari dilakukannya tindakan spesialisasibproduksi dari negara-negara yang memiliki keuntungan mutlak dan keuntungan berbanding.
Referensi : Blogspot

2. Resiko Bisnis Internasional lebih tinggi ketimbang bisnis Dalam Negeri

Ada 6 hal yang menghambat bisnis Internasional dan kemungkinan menjadi resiko Bisnis Internasional :

a) Perbedaan mata uang tiap Negara
Pada umumnya mata uang setiap negara berbeda-beda. Perbedaan inilah yang dapat menghambat perdagangan antar negara. Negara yang melakukan kegiatan ekspor, biasanya meminta kepada negara pengimpor untuk membayar dengan menggunakan mata uang Negara pengekspor. Pembayarannya tentunya akan berkaitan dengan nilai uang itu sendiri. Padahal nilai uang setiap negara berbeda-beda. Apabila nilai mata uang negara pengekspor lebih tinggi daripada nilai mata uang negara pengimpor, maka dapat menambah pengeluaran bagi negara pengimpor. Dengan demikian, agar kedua negara diuntungkan dan lebih mudah proses perdagangannya perlu adanya penetapan mata uang sebagai standar internasional.

b) Kualitas Sumber Daya yang Rendah
Rendahnya kualitas tenaga kerja dapat menghambat perdagangan internasional. Karena jika sumber daya manusia rendah, maka kualitas dari hasil produksi akan rendah pula. Suatu negara yang memiliki kualitas barang rendah, akan sulit bersaing dengan barang-barang yang dihasilkan oleh negara lain yang kualitasnya lebih baik.

c) Pembayaran antar negara sulit dan resikonya besar
Pada saat melakukan kegiatan perdagangan internasional, negara pengimpor akan mengalami kesulitan dalam hal pembayaran. Apabila membayarnya dilakukan secara langsung akan mengalami kesulitan. Selain itu, juga mempunyai risiko yang besar. Oleh karena itu negara pengekspor tidak mau menerima pembayaran dengan tunai, akan tetapi melalui kliring internasional atau telegraphic transfer atau menggunakan L/C.

d) Adanya Kebijaksanaan Impor dari Suatu Negara
Setiap negara tentunya akan selalu melindungi barang-barang hasil produksinya sendiri. Mereka tidak ingin barang-barang produksinya tersaingi oleh barang-barang dari luar negeri. Oleh karena itu, setiap negara akan memberlakukan kebijakan untuk melindungi barang-barang dalam negeri. Salah satunya dengan menetapkan tarif impor. Apabila tarif impor tinggi maka barang impor tersebut akan menjadi lebih mahal daripada barang-barang dalam negeri sehingga mengakibatkan masyarakat menjadi kurang tertarik untuk membeli barang impor. Hal itu akan menjadi penghambat bagi negara lain untuk melakukan perdagangan.

e) Terjadinya Perang
Terjadinya perang dapat menyebabkan hubungan antarnegara terputus. Selain itu, kondisi perekonomian negara tersebut juga akan mengalami kelesuan. Sehingga hal ini dapat menyebabkan perdagangan antarnegara akan terhambat.

f) Adanya Organisasi-Organisasi Ekonomi Regional
Biasanya dalam satu wilayah regional terdapat organisasiorganisasi ekonomi. Tujuan organisasi-organisasi tersebut untuk memajukan perekonomian negara-negara anggotanya. Kebijakan serta peraturan yang dikeluarkannya pun hanya untuk kepentingan negaranegara anggota. Sebuah organisasi ekonomi regional akan mengeluarkan peraturan ekspor dan impor yang khusus untuk negara anggotanya. Akibatnya apabila ada negara di luar anggota organisasi tersebut melakukan perdagangan dengan negara anggota akan mengalami kesulitan.

Dapat kita lihat bahwa banyak sekali aspek dari resiko bisnis ini dikarenakan lintas negara yang dibatasi oleh geografis sehingga perlu waktu, jarak, dan uang dan tentu saja tidak sedikit. Berbeda hal nya dengan Bisnis dalam Negeri, dengan jarak yang masih bisa dijangkau dengan cepat, mata uang yang sama dan karakteristik perdagangan yang memiliki kesamaan ini lah yang membuat resiko nya lebih sedikit dari Bisnis Internasional.

Referensi : Referensi Akuntansi

Sabtu, 23 November 2013

Tugas 6 (Kelompok) : Pengantar Bisnis

BISNIS FRANCHISE


“KEBAB TURKI BABA RAFI”


LATAR BELAKANG

Suatu bentuk usaha bisnis yang banyak dilirik oleh pengusaha saat ini, baik itu pebisnis baru/pemula ataupun pebisnis yang sudah berpengalaman. Konsep bisnis waralaba ini sangat memungkinkan seseorang yang memiliki modal materill tapi kurang berpengalaman dalam membangun bisnisnya sendiri untuk memilih sebuah usaha yangmenguntungkan, terutama jika membeli waralaba dari sebuah merk dagang yang sudah terkenal. Potensi bisnis ini sangat menguntungkan untuk jangka waktu yang lama, tapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis usaha waralaba cocok untuk semua orang.
            
Untuk setiap pengusaha yang mempunyai modal besar, membeli franchise / waralaba yang harganya mahal itu bukan sebuah masalah. Tapi tidak demikian modal terbatas, biasanya mereka akan berpikir berkali-kali sebelum memutuskan menjalankan usaha waralaba. Besar biaya untuk menjalankan waralabasangat beragam, murah atau mahal itu menurut saya relative dilihat dari potensi bisnisnya untuk jangka panjang. Harga waralaba biasanya berkisar mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 1 milliar, tapi untuk waralaba lokal ternyata ada juga yang menawarkan harga sekitar Rp 5 jutaan.

Kebab Turki Baba Rafi adalah sebuah jaringan waralaba kebab terbesar di dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2005 di Surabaya dan sekitar 2010-an, kantor pusatnya dipindahkan ke Jakarta. Saat ini, Kebab Turki Baba Rafi memiliki lebih dari 1000 gerai di Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Pada tahun 2005, gerai miliknya telah menerapkan sistem waralaba hingga sekarang. Tak hanya di Indonesia, gerai Kebab Turki Baba Rafi pun juga dibuka di Malaysia dan Filipina. Bahkan, Kebab Turki Baba Rafi telah mendapatkan penghargaan di kancah nasional dan internasional.
Seiring dengan kesuksesan nya Tahun 2009, Kebab Turki Baba Rafi bekerja sama dengan Belfoods Indonesia untuk peningkatan mutu dan gizi pada dagingnya, serta telah mendapatkan sertifikat resmi dari Badan POM dan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia. 




TUJUAN

-          VISI

Berusaha untuk menjadi yang terbesar,menguntungkan dan rantai kebab paling berperngaruh di dunia.

-          MISI

kita berusaha untuk menjadi rantai kebab terbesar didunia dengan menegakkan makanan terjangkau berkualitas tinggi dengan layanan yang unggul untuk waralaba kami dan pelanggan. kami juga ditujukan untuk meningkatkan sumber daya manusia dan konsisten imolementing program tanggung jawab sosial yang mendukung masyarakat dan pemegang saham.




PEMBAHASAN

-         Kegiatan
Penjualan makanan ringan yang berasal dari Timur Tengah yaitu pertama kalinya dilakukan di Indonesia, karena inovasi nya sehingga sangat diminati oleh banyak konsumen karena menciptakan sesuatu yang segar dan baru. Penjualan kebab ini biasanya dilakukan oleh perorangan dan memiliki gerobak usaha (counter) yang seragam dan biasa kita temui di pinggir jalan atau pusat keramaian.

-         Proses
Jika calon wirausaha baru (pertama kali) berjualan waralaba yaitu mendaftarkan diri ke Kantor Pusat Kebab Turki Baba Rafi yang beralamat di Jalan RS. Fatmawati No. 33 Pondok Labu. Jakarta Selatan.
Disana, calon Wirausaha akan di beri arahan  dan konsultasi sebelum memulai usaha ini dengan ahli nya. Selanjutnya, calon wirausaha ini membuat persetujuan dengan menandatangani kesepakatan kerjasama dan langsung memilih jenis counter dan alat-alat yang nanti akan digunakan berjualan. Seorang calon wirausaha akan dibantu menemukan lokasi yang strategis untuk berjualan dan pasti memiliki prospek yang bagus. Setelah mendapatkan lokasi, counter dan alat-alat akan dikirim langsung ke lokasi. Tidak lupa dengan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat kebab. Terakhir, Calon wirausaha membayar modal awal dengan prinsip Syari’ah dan langsung bisa berjualan.

-         Keuangan
Dengan modal awal Rp 55 juta, calon wirausaha akan mendapatkan 1 set lengkap yang terdiri dari counter dan peralatan lainnya (misal penggorengan dan alat pemanggang daging), karyawan yang sudah dilatih, dibantu mencari lokasi usaha, masa kerja selama 5 tahun, manual book (SOP), paket promosi (misal banner, neon box), dan lain-lain. Hendy mengungkapkan bahwa dalam jangka waktu 18 bulan sudah bisa balik modal.

-          Hasil
Omzet 1 outlet biasanya sekitar Rp 10-Rp 15 juta per bulan, bahkan ada yang mencapai Rp 60 juta, tergantung dari lokasi usahanya. Usaha ini sangat prospektif untuk dikembangkan karena semakin lama makanan kebab banyak dikenal masyarakat.




KESIMPULAN

Setiap orang pasti ingin mencapai kesuksesan tetapi tidak tahu caranya mencapai tujuan tersebut, pengusaha melihat peluang itu dengan membuat bisnis waralaba yang dapat membantu usaha kecil untuk menjadi besar dan sukses. Sebut saja Kebab Turki Baba Rafi, sebuah bisnis makanan khas timur tengah yang telah sukses dan kini telah memiliki 1.001 outlet yang tersebar di Negara-negara Asia. Seseorang calon wirausaha ingin berdagang waralaba harus memiliki rencana yang baik agar tidak rugi besar, di bantu oleh ahlinya bisnis Waralaba ini insyaAllah memiliki prospek yang baik. Bisnis seperti ini sangat bagus diterapkan di Indonesia karena modal nya sedikit dan memilki keuntungan yang menjanjikan.


REFERENSI
 Laman Kebab Turki Baba Rafi  http://babarafi.com/new/



SOAL PEMBAHASAN

·        Jelaskan apa dampak plus dan minus dari Franchising tersebut bagi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia?

Bisnis Waralaba merupakan bisnis yang baru dan inovatif sehingga sangat berpengaruh terhadap Ekonomi Indonesia pasalnya dapat membuka peluang usaha para Calon Wirausaha yang ingin memulai bisnis nya dengan modal yang tidak besar. Apalagi didukung dengan keuangan Syari’ah. Bisnis strategis ini banyak menciptakan peluang sehingga dari waralaba ini menimbulkan usaha baru yang mendukung Waralaba. Bisnis ini juga dapat menciptakan banyak lapangan kerja baru baik outlet maupun kantor waralaba, sehingga bisnis ini dapat menaikkan derajat UMKM di Indonesia dan menaikkan Pendapatan Per-Kapita.


         Sebutkan keuntungan usaha Franchise tersebut!

Semua wirausaha pasti dimulai dari nol, pasti juga banyak ruginya, namun seiring dengan berjalan nya waktu didukung dengan kemampuan wirausaha tersebut maka akan mendapatkan keuntungan.
Ada 3 keuntugan yang kami dapat kami lihat dari Bisnis Waralaba ini :

1. Keuntungan Finance : wirausaha mendapatkan omzet setiap bulannya.

2. Keuntungan Sosial : menciptakan lapangan usaha, mengurangi tingkat pengangguran.
3. Keuntungan Kebutuhan : konsumen memerlukan sesuatu yang baru dan segar termasuk kuliner.



TUGAS PAPER INI DIBUAT OLEH :

NAMA              : AGUNG PRATAMA (20213356)
                            ANISA MULYASARI (21213076)
                            BUNGA CHINTYA (21213816)
KELAS              : 1EB02
MATA KULIAH : PENGANTAR BISNIS





Jumat, 15 November 2013

Tugas 5 : Pengantar Bisnis

Pengertian Produksi 

Secara Umum
Produksi merupakan semua perbuatan atau kegiatan yang tidak hanya mencakup pembuatan barang - barang saja, tetapi dapat juga membuat atau menciptakan jasa pelayanan, seperti acara hiburan, penulisan buku - buku cerita, dan pelayanan jasa keuangan.


Secara Ekonomi
Produksi mengacu pada kegiatan yang berhubungan dengan usaha penciptaan dan penambahan kegunaan atau utilitas suatu barang dan jasa.

sumber Carapedia

Keterkaitan Sistem Produksi & Operasi

Sistem produksi mempunyai unsur-unsur yaitu masukan, pentransformasian dan keluaran. Sedang produksi dan operasi merupakan suatu sistem untuk meyediakan barang-barang dan jasa-jasa yang dibutuhkan dan akan dikombinasi oleh anggota masyarakat.

Yang dimaksud dengan sistem adalah merupakan suatu rangkaian unsur-unsur yang saling terkait dan dan tergantung serta saling pengaruh-mempengaruhi satu dengan yang lainnya, yang keseluruhannya merupakan suatu kesatuan bagi pelaksanaan kegiatan bagi pencapaian suatu tujuan tertentu. Sedangkan yang dimaksud dengan sistem produksi dan operasi adalah suatu keterkaitan unsur-unsur yang berbeda secara terpadu, menyatu dan menyeluruh dalam pentransformasian masukan menjadi keluaran.

Sistem produksi tidak hanya terdapat pada industri manufaktur, tetapi juga dalam industri jasa seperti perbankan, asuransi, pasar swalayan dan rumah sakit. Sistem produksi dan operasi dalam industri jasa menggunakan bauran yang berbeda dari masukan yang dipergunakan dalam industri manufaktur.

Sebagai contoh suatu perusahaan telekomunikasi dalam pengoperasiannya membutuhkan modal untuk suku cadang dan komponen elektronik serta peralatan yang terdapat dalam suatu bangunan, disamping peralatan transmissi suara melalui sistem kabel, menara microwave, station, computers dan operator telepon. Contoh sistem Produksi dan Operasi adalah sebagai berikut :

Sistem produksi mempunyai masukan yang dapat berupa, bahan baku, komponen atau bagian dari produk, barang setengah jadi, formulir-formulir, para pemesan atau langganan dari para pasien. Keluaran dari sistem produksi dapat berupa barang jadi, barang setengah jadi, bahan-bahan kimia, pelayanan kepada pembeli dan pasien, formulir-formulir yang telah selesai diisi dan diproses.

Bagan Proses Produksi

















Sistem produksi yang sering dipergunakan dapat dibedakan atas 3 macam yaitu :
1. Proses produksi yang kontinue (continuous process) – dimana peralatan produksi yang digunakan disusun dan diatur dengan memperhatikan urut-urutan kegiatan atau routing dalam menghasilkan produk tersebut, serta arus bahan dalam proses telah distandardisir.
2. Proses produksi yang terputus-putus (intermitten process) – dimana kegiatan produksi dilakukan tidak standar, tetapi didasarkan produk yang dikerjakan, sehingga peralatan produksi yang digunakan disusun dan diatur yang dapat bersifat lebih luwes ( flexible ) untuk dapat dipergunakan bagi menghasilkan berbagai produk dan berbagai ukuran.
3. Proses produksi yang bersifat proyek – dimana kegiatan produksi dilakukan pada tempat dan waktu yang berbeda-beda, sehingga peralatan produksi yang digunakan ditempatkan di tempat atau lokasi dimana proyek tersebut dilaksanakan dan pada saat yang direncanakan.
Setiap sistem terdiri dari subsistem yang lebih kecil, sehingga dalam perusahaan sebagai suatu organisasi, sistem pengorganisasiannya terdiri dari beberapa subsistem, yang merupakan subsistem fungsional.




Kamis, 07 November 2013

Tugas 4 : Pengantar Bisnis

      1. Apa yang di maksud dengan Pemasaran?

Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar.


2. Mengapa Pemasaran sering disebut juga sebagai Permintaan?

Menurut sumber yang saya baca, Pemasaran itu sangat erat kaitannya dengan Permintaan.
Karena Pemasaran itu adalah kegiatan penjualan kepada konsumen.
Pada perusahaan, barang yang akan diserahkan ke konsumen adalah tugas dari Manajemen Pemasaran, apabila barang yang dijual ke konsumen bermanfaat bagi konsumen Pemasaran harus terampil melihat peluang untuk memanjakan konsumen dengan melihat situasi dan terjun ke lapangan, jika barang terus dibutuhkan maka Permintaan terhadap akan terus berlanjut.

3. Jelaskan perbedaan Kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti Pemasaran, serta contohnya!

Kebutuhan adalah Konsep dasar yang melandasi pemasaran adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia adalah pernyataan dari rasa kehilangan, dan manusia mempunyai banyak kebutuhan yang kompleks. Kebutuhan manusia yang kompleks tersebut karena bukan hanya fisik (makanan, pakaian, perumahan dll), tetapi juga rasa aman, aktualisasi diri, sosialisasi, penghargaan, kepemilikan. Semua kebutuhan berasal dari masyarakat konsumen, bila tidak puas konsumen akan mencari produk atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut. 
Contoh :
  • Setiap manusia memerlukan makan untuk bertahan hidup
  • Seseorang membutuhkan cinta, kasih dan sayang dari orang terdekatnya


Keinginan adalah Bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaza dan kepribadian individual dinamakan keinginan. Keinginan digambarkan dalam bentuk obyek yang akan memuaskan kebutuhan mereka atau keinginan adalah hasrat akan penawar kebutuhan yang spesifik. Masyarakat yang semakin berkembang, keinginannya juga semakin luas, tetapi ada keterbatasan dana, waktu, tenaga dan ruang, sehingga dibutuhkan perusahaan yang bisa memuaskan keinginan sekaligus memenuhi kebutuhan manusia dengan menenbus keterbatasan tersebut, paling tidak meminimalisasi keterbatasan sumber daya.
Contoh :
  • manusia butuh makan, tetapi keinginan untuk memuaskan lapar tersebut tergantung dari budayanya dan lingkungan tumbuhnya.
  • Orang Yogya akan memenuhi kebutuhan makannya dengan gudeg, orang Jepang akan memuaskan keinginannya dengan makanan sukayaki dll.

Kamis, 31 Oktober 2013

Tugas 3 Pengantar Bisnis

1. Apa yang dimaksud dengan Perusahaan?


Adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusi serta melakukan uapaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat. Atau suatu unit kegiatan ekonomi yang di organisasikan dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.

Sumber : Google Site

2. Apa yang membedakan antara Perusahaan dan Organisasi?
  • Di Organisasi tidak mengenal adanya sistem upah yang biasa ada di Perusahaan.
  • Jika datang terlambat ke kantor Perusahaan, akan kena denda potong gaji, berbeda dengan di Organisasi jika terlambat "ngantor" di lembaga Organisasi, tidak ada pemotongan gaji.
  • Di Perusahaan, tidak ada toleransi ketika seseorang karyawan melakukan kesalahan sebanyak 5 kali. Berbeda di Organisasi, jika 10 kali melakukan kesalahan, masih bisa dimaklumi, organisasi adalah tempat belajar kedua.
  • Di Perusahaan mempunyai arah dan tujuan Perusahaan, berbeda di Organisasi yang hanya menjalankan kegiatan sosial.
  • Perusahaan mencari keuntungan, sedangkan di Organisasi hanya mencari ilmu untuk belajar berorganisasi bersama.
Sumber : Yahoo Answer

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan perusahaan sebagai suatu sistem?


System adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi baik secara langsung maupun tidak langsungdalam rangka mencapai tujuan tertentu. Perusahaan adalah suatu system karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat,maupun tanggung jawab social.
  • Kepada pemilik modal => pengelolaan keuangan dan kemajuan perusahaan.
  • Kepada lembaga peneliti => membantu pendanaan.
  • Kepada pekerja => membayar gaji dan memenuhi fasilitas kerja.
  • Kepada konsumen => menyediakan Barang & Jasa yang bagus.
  • Kepada pemerintah => membayar pajak.
Sumber : Google Site

Jumat, 25 Oktober 2013

Tugas 2 : Pengantar Bisnis

1. Apa yang dimaksud dengan Bisnis?

Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Sumber Wikipedia

2. Sebutkan & Jelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia, minimal 7 point!


Iklim bisnis di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah :
1)  Faktor modal
Dengan modal yang dimiliki, orang bisa mulai berbisnis. Besar modal yang diperlukan untuk berbisnis tergantung dari bisnis apa yang akan kita jalani.


2)  Faktor SDM (Sumber Daya Manusia)
Agar bisnis yang dijalani tersebut sukses dan menghasilkan banyak keuntungan, tentu diperlukan orang-orang yang terampil, kreatif, berkualitas tinggi, ulet, mampu berinovasi, pantang menyerah, mempunyai kemampuan bersaing yang tinggi (kompetitif), sportif dan pandai mengolah bisnisnya.


3)  Faktor ketepatan produk atau kecocokan produk 
Faktor ini juga mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia. Produk yang cocok adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen serta harganya terjangkau (sesuai dengan daya beli konsumen). Produk tersebut harus bisa memberikan manfaat kepada konsumen dan bila perlu dapat memberikan tambahan kepuasan kepada konsumen. Orang yang berbisnis harus benar-benar mempertimbangkan harga yang mereka tetapkan. Mereka harus bisa menetapkan harga yang terjangkau dengan daya beli konsumen namun dengan tetap memperhitungkan biaya yang telah dikeluarkannya. Mereka juga harus memperhatikan harga pesaingnya. Konsumen tentu akan memilih produk yang harganya terjangkau namun dengan tetap mempertimbangkan  kualitas produk yang akan mereka konsumsi. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus selalu memperhatikan kualitas barang yang diproduksinya.


4)  Faktor lingkungan masyarakat
Lingkungan masyarakat juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap iklim bisnis di Indonesia. Lingkungan masyarakat cenderung dinamis, selalu ada perubahan. Kebutuhan dan keinginan masyarakat bermacam-macam dan selalu berubah-ubah. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus selalu memperhatikan lingkungan masyarakat.


5)  Faktor persaingan pasar
Pada kenyataannya di Indonesia, banyak sekali bisnis-bisnis yang saling bersaing untuk dapat menguasai pasar sehingga mereka mendapatkan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus mempunyai strategi untuk dapat menguasai pasar dan mengalahkan pesaingnya.


6)  Faktor teknologi 
Faktor teknologi juga berpengaruh terhadap iklim bisnis di Indonesia. Semakin maju teknologi yang digunakan, semakin berkembang pula bisnis yang dijalani, namun dengan tetap memperhatikan skill serta faktor-faktor lainnya.


7)  Faktor alam
Jika alam tidak bersahabat dengan kita tentu kegiatan bisnis pun dapat terganggu. Contohnya adanya bencana banjir, tanah longsor dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus memilih tempat bisnis yang sesuai dan kita harus bersahabat dengan lingungan serta jangan merusakya.

8)  Faktor jenis bisnis
Faktor ini juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap klim bisnis di Indonesia. Dalam berbisnis tentunya kita harus memilih bisnis di bidang apa yang akan kita jalani. Dalam memilih jenis bisnis tersebut, sebaiknya kita memilih jenis bisnis yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Contohnya bisnis di bidang pertanian. Kita juga harus mempertimbangkan keuntungan yang akan kita peroleh sebelum kita menentukan bisnis di bidang apa yang akan kita jalani.


9)  Faktor kebijakan pemerintah 
Kebijakan pemerintah juga turut mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia. Kebijakan pemerintah tersebut bisa saja mendatangkan peluang bagi bisnis kita dan bisa pula menyebabkan hambatan bagi bisnis kita. Contohnya kebijakan dalam menetapkan pajak.


10)  Faktor kondisi negara
Kondisi negara yang dimaksud dapat berupa kondisi perekonomian, sosial politik maupun pertahanan dan keamanan negara. Kondisi negara yang tidak menentu bisa menghambat bisnis yang dijalani. Contohnya saat terjadi inflasi. Tentu saja kondisi ini turut mempengaruhi bisnis yang sedang dijalani.

Sumber Blogspot

3. Seberapa besar bisnis berpengaruh dalam kehidupan anda sehari-hari ? Jelaskan!

Seberapa besar bisnis berpengaruh dalam kehidupan kita? Menurut pengamatan saya hampir semua kegiatan transaksi bisa disebut bisnis, dari hal terkecil, menengah, dan besar.


Ingat! Bisnis itu harus menguntungkan...

Bisnis masuk ke Seluruh aspek mulai dari hal terkecil contohnya penjualan makanan kecil atau jajanan dari Pedagang, karena pedagang ini ingin mendapatkan keuntungan makanya pedagang ini harus berjualan.
Masuk ke aspek menengah contoh penjualan alat elektronik, karena manusia jaman sekarang sangat membutuhkan alat elektronik, maka pengusaha bisa melihat peluang itu dengan berdagang alat elektronik karena prospeknya bagus.
Terakhir masuk ke aspek besar, contoh kerjasama antar Perusahaan dalam skala besar, ini akan mendampakkan keuntungan dari kedua belah pihak.


Jika kita berbicara bisnis itu sangat luas, Apapun bisa kita lakukan. Tapi kita harus memikirkan matang-matang jika kita ingin berbisnis. Hal yang harus diperhatikan adalah melihat Peluang dan pastinya Prospek dari apa yang sedang dibutuhkan atau dicari pada dewasa ini.
Mengelola bisnis itu susah-susah gampang tergantung dari passion diri sendiri, karena dalam bisnis ini kita harus memutar otak agar mendapatkan keuntungan jangan sampai kita mendapatkan kerugian.
Sekian.




Sabtu, 12 Oktober 2013

5 Pekerjaan Akuntansi Keuangan Bergaji Bagus Untuk Fresh Graduate

Ini Informasi untuk kalian yang ingin melanjutkan kuliah agar tidak sia sia kuliahnya.

“Pekerjaan akuntansi keuangan apa yang bergaji bagus untuk fresh graduate?”. Sebuah pertanyaan typical yang cukup sering saya dengar. Meskipun sudah cukup lama berkecimpung di wilayah akuntansi dan keuangan, entah mengapa, pertanyaan tersebut masih saja sulit untuk saya jawab. Apakah karena pengalaman saya yang masih minim? Sangat mungkin, saya pikir.
Itu sebabnya, saya selalu kagum dan tertarik ketika menemukan perbincangan mengenai gaji yang dikaitkan dengan profesi—terutama profesi di bidang akuntansi dan keuangan. Misalnya:
Ada yang mengatakan, “Kalau mau gaji gede, masuklah ke perusahaan minyak (oil company).” Sementara yang lainnya mengatakan, “Kalau mau gaji gede, bekerjalah di perusahaan yang sudah berstatus Terbuka (Tbk).”
Ada juga yang mengatakan, “Gaji enjiner lebih besar dibandingkan akuntan.”
Tak kalah serunya, ada juga yang mengatakan sebaliknya, “Dalam waktu 5 tahun, pegawai KAP (auditor) bisa melampaui gaji mereka yang bekerja di oil company (termasuk enjiner)”.
Suatu ketika, saya juga pernah mendengar ungkapan, “Gaji pegawai auditor di KAP lebih tinggi dibandingkan auditor pemerintah (BPKP).”
Ada juga yang setengah ‘mutung’ mengatakan, “mau di perusahaan apa saja, yang namanya fresh graduate gajinya ya masih sebelas-duabelas (baca: segitu-segitu aja).”
Yada yada yada…. So on so on so on…..
Perbincangan-perbincangan positive yang saya yakin, sedikit-banyaknya, bisa menjadi referensi bagi mereka-mereka yang baru lulus (atau menjelang lulus) sekolah/kuliah.
Di luar perbincangan-perbincangan menarik itu, melalui tulisan sederhana ini saya ingin sharing pandangan (atau anggap saja opini) pribadi: Lima pekerjaan akuntansi keuangan, yang menurut saya, bergaji bagus dan sesuai untuk fresh graduate—berdasakan pengalaman saya yang tentunya masih terbatas.
5 PEKERJAAN AKUNTANSI KEUANGAN (DENGAN GAJI BAGUS) UNTUK FRESH GRADUATE
Berdasarkan pengalaman pribadi, sejauh ini, saya menemukan ada 5 posisi yang paling cocok untuk fresh graduate dan bergaji lumayan bagus, yaitu:

1. Financial Analyst – Posisi financial analyst bisa dibutuhkan oleh perorangan atau institusi (badan usaha)—tentunya yang profit-oriented.
Pekerjaan: tugas pokok seorang financial analyst adalah menterjemahkan informasi (baca: data) keuangan untuk dijadikan dasar pertimbangan dalam pengambilan-keputusan bisnis, terutama sekali untuk kepentingan strategi ke depan, termasuk investasi. 
Kisaran Gaji: kisaran gaji seorang financial analyst, di tahun-tahun pertama, antara 5 hingga 10 juta per bulan. 

Pendidikan Yang Diperlukan: pendidikan terakhir seorang financial analyst biasanya Strata 1 Akuntansi atau Manajemen Keuangan. Pendalaman profesi ini bisa dilakukan dengan menempuh program khusus financial analyst bersertifikat, dengan gelar Certified Financial Analyst (CFA). 
Prospek Karir: karir seorang financial analyst berkembang seiring dengan pertumbuhan binis perusahaan/individual dimana atau untuk siapa dia bekerja. Tentu saja, kemajuan karir seorang financial analyst ditentukan oleh seberapa mumpuni dan jitu analisa yang dia hasilkan (sehingga seberapa akurat output analisa yang dihasilkan untuk dijadikan input pengambilan-keputusan). Dan, ketajaman daya analisa seorang analyst ditentukan oleh pengalaman dan kemampuan masing-masing individu analyst itu sendiri. Di Indonesia, financial analyst banyak menangani perusahaan sekuritas yang mengelola portfolio investasi para kliennya, atau menggeluti profesi sebagai seorang pialang saham mandiri. Memegang CFA sangat membantu dalam meniti karir analyst. Klien tentu akan lebih yakin jika dipegang oleh seorang CFA dibandingkan yang tidak.

2. Accountant – Entah itu bekerja untuk perusahaan jasa akuntan publik (KAP) atau menjadi seorang akuntan untuk bidang industri tertentu (pabrik, rumah sakit, hotel, retailer, auto dealer, oil company, dll), posisi akuntan selalu cocok untuk fresh graduate. Hanya saja, untuk perusahaan-perusahaa besar, posisi ini biasanya banyak diisi oleh mereka-mereka yang telah berpengalaman. Sementara untuk perusahaan kecil dan menengah, fresh graduate BISA mengisi posisi akuntan, sepanjang memiliki kemampuan teknis akuntansi yang cukup.
Pekerjaan: saya tidak merasa perlu untuk merinci pekerjaan seorang akuntan, pada dasarnya pekerjaan seorang akuntan dimanapun itu (baik di jasa KAP atau di industri lain) tidak jauh-jauh dari penyusunan laporan keuangan. 
Kisaran Gaji: gaji seorang akuntan di tahun-tahun pertama berkisar antara 5 hingga 10 juta per bulan. 
Pendidikan Yang Diperlukan: saya tahu, di Indonesia, yang disebut akuntan biasanya hanya mereka yang bersertifikat. Secarainternasional, seorang akuntan TIDAK MESTI bersertifikat, yang penting sudah lulus Strata 1 Akuntansi. Tentu, menjadi akuntan berserifikat—baik itu Certified Management Accountant (CMA) atau Certified Public Accountant (CPA) dapat membuat karir menjadi lebih bersinar (dengan gaji yang lebih tinggi pastinya). Pun demikian, mengambil program pendalaman profesi akuntan (PPAk) dan mengikuti ujian serifikasi bisa dilakukan sambil bekerja. 
Prospek Karir: Karir akuntan termasuk karir type ‘klasik’ yang tidak ada ‘matinya’. Seorang akuntan selalu dibutuhkan dalam kondisi apapun. Tentu saja, pertumbuhan ekonomi makro dan lingkungan bisnis yang stabil berpengaruh positive terhadap prospek karir akuntan. Seiring peningkatan pengalaman dan pendidikan (lihat di atas), karir seorang akuntan akan terus mengalami peningkatan, dari junior ke senior/management level, hingga eksekutif: Chief Financial Officer (CFO)—untuk bidang industri tertentu atau Managing Partner untuk perusahaan penyedia jasa akuntan publik. Akuntan yang memegang sertifikat (CMA atau CPA) biasanya bisa mencapai level manajemen dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak. Untuk level eksekutif, disamping sertifikasi akuntan, juga perlu pendidikan minimal S2 Business School (MBA). 

3. Accounts Payable/Receivable Clerk – Saya sering mendapat pertanyaan “apakah saya punya karir yang bagus jika cuma lulusan SMK jurusan Akuntansi (dahulu SMEA)?”. Jawaban saya: BISA.
Pekerjaan: pekerjaan utama seorang AP/AR Clerk adalah menangani proses akuntansi utang/piutang saja (terutama input data dan persiapan bukti transaksi). Dan untuk pekerjaan ini, seorang lulusan SMK-pun sudah bisa melakukannya, tidak harus S1 Akuntansi. 
Kisaran Gaji: gaji untuk posisi ini memang tidak sebagus Financial Analyst atau Accountan, tetapi sudah cukup lumayan. Untuk tahun-tahun pertama berkisar antara 3 hingga 5 juta per bulan. 
Pendidikan Yang Diperlukan: posisi accounts payable/receivable clerk TIDAK SELALU harus lulusan S1. Pun demikian, untuk peningkatan karir, saya menyarakankan kepada mereka yang belum menyelesaikan pendidikan hingga S1 agar pintar-pintar berhemat, sehingga bisa menyisihkan uang untuk melanjutkan study (S1) kelas sore/malam hari. Sepanjang ada kemauan yang cukup kuat untuk belajar dan maju, saya yakin siapapun PASTI BISA. 
Prospek Karir: Posisi accounts payable/receivable memang bukan posisi yang cukup menjanjikan untuk masa depan. Bisa dibilang, posisi ini memang hanya cocok untuk fresh graduate (tidak untuk mereka yang sudah cukup lama bekerja). AKAN TETAPI, posisi ini adalah yang paling mungkin/mudah untuk dicapai bahkan oleh mereka yang memiliki kemampuan yang pas-pasan. Tetapi seperti sudah saya sampaikan di atas: agar karir tidak jalan di tempat, mereka yang belum menyelesaikan pendidikan S1 sebaiknya melanjutkan study. Keterbatasan pendidikan, mestinya, hanya bersifat sementara , sepanjang ada kemauan dan tekad yang kuat untuk terus belajar dan maju.

4. Auditor – Oke. Ini termasuk posisi yang paling diminati—terutama dikalangan anak akuntansi laki-laki. Ada 2 macam auditor, yaitu: (a)internal auditor—bekerja untuk suatu perusahaan di bidang industri tertentu; dan (b) external/independent auditor—bekerja untuk peusahaan penyedia jasa audit independent (kantor akuntan publik).
Pekerjaan: pada prinsipnya, kedua macam auditor ini memiliki typical pekerjaan yang serupa, yaitu: memastikan laporan keuangan perusahaan sesuai dengan standar akuntansi yang ada (istilah auditingnya “tidak mengandung material misstatement”, entah itu yang disebabkan oleh fraud (penggelapan) atau erroneous (kesalahan yang tidak disengaja). Yang berbeda adalah hasil akhir auditnya. Auditor eksternal (independent) memberikan opini atas laporan keuangan perusahaan (apakah wajar atu tidak). Sedangkan auditor internal lebih banyak memberikan saran perbaikan kepada pihak manajemen, sehubungan dengan tingkat kepatuhan operasional perusahaan terhadap sistim pengendalian intern-nya, terhadap berbagai regulasi (Bappepam dan Pajak), termasuk terhadap konsepGood Corporate Governance. 
Kisaran gaji: dilihat dari segi gaji, untuk tahun-tahun pertama, internal auditor biasanya memperoleh gaji yang lebih bagus dibandingkan external (independent) auditor yang bekerja di KAP. Gaji internal auditor di perusahaan berskala besar, di tahun-tahun pertama, berkisar antara 7 hingga 10 juta/bulan. Auditor eksternal (di KAP) berkisar antara 5 hingga 7 juta/bulan. 
Pendidikan Yang Diperlukan: Sebagai permulaan karir, pendidikan terakhir yang diperlukan untuk kedua jenis auditor ini adalah S1 akuntansi. Untuk peningkatan karir, kedua jenis auditor ini sama-sama bisa mengambil program pendalaman profesi akuntan (PPAk) dan mengikuti ujian Certified Public Accountant dan atau Certified Internal Auditor. Setelah memegang sertifikat profesi auditor (entah itu CIA atau CPA), gaji seorang auditor biasanya meningkat dengan angka yang cukup signifikan. Dalam level ini auditor external auditor biasanya memperoleh gaji yang lebih besar dibandingkan internal auditor. 
Prospek Karir: tak jauh berbeda dengan accountant, prospek karir auditor juga selalu bagus dalam kondisi apapun. Namun demikian, posisi external auditor memiliki prospek karir yang cenderung lebih bagus dibandingkan dengan internal auditor. 

5. Credit Analyst – Di Indonesia, posisi/jabatan credit analyst belum cukup populer, jika dibandingkan dengan yang lainnya. Di lingkungan universitas, kecuali di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, posisi ini tidak banyak dibicarakan. Yang banyak dikenal adalah “pegawai bagian kredit”.
Pekerjaan: Seorang credit analyst biasanya dibutuhkan oleh institusi keuangan—baik itu industri perbankan atau pembiayaan (finance), untuk mengukur (menganalisa) kemampuan calon pencari kredit dalam membayar pokok dan bunga cicilan kreditnya. 
Kisaran Gaji: Di tahun-tahun pertama, baik credit analyst untuk bank atau perusahaan finance, sama-sama memperoleh gaji yang lumayan bagus, berkisar antara 5 hingga 7 juta per bulan. 
Pendidikan Yang Dibutuhkan: pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi posisi credit analyst bisanya cenderung ke S1 Akuntansi (untuk di Indonesia), meskipun S1 Manajemen dengan konsentrasi keuangan juga bisa. 
Prospek Karir: Semakin meningkatnya daya beli masyarakat (dan trend konsumerisme yang belum ada tanda-tanda penurunan), membuat bisnis pembiyaan (finance) semakin berkibar. Sehingga secara tidak langsung posisi credit analyst kian dibutuhkan di masa-masa yang akan datang. Management level yang bisa dicapai oleh seorang credit analyst adalah Risk Manager, di bawah seorang Treasurer dan CFO tentunya. 

Nah, itu dia 5 pekerjaan akuntansi keuangan, yang menurut saya, bergaji lumayan bagus untuk fresh graduate.
Seperti telah saya sampaikan di awal tulisan, ini adalah hasil pengalaman dan pengetahuan saya pribadi—bukan hasil survey atau penelitian. Pada kenyataannya, besaran gaji jenis pekerjaan apapun (di bidang apapun)—termasuk akuntansi keuangan, bersifat relative—tidak bisa dipukul-rata.
Setahu saya, ada begitu banyak variable yang mempengaruhi besaran gaji suatu posisi (jabatan) dan profesi. Mulai dari skala perusahaan di mana bekerja, jenis/bidang usaha, pendidikan dan skill (hard & soft) masing-masing individu, pengalaman kerja masing-masing individu, hingga kebutuhan hidup dasar rata-rata dimana perusahaan berada.
Oleh sebab itu, saya ingin sumbang-saran untuk adik-adik yang baru saja lulus (atau akan lulus), bahwa: menghimpun informasi tentang gaji suatu posisi dan pekerjaan, memang penting—sebagai bagian dari career planning. Tetapi, sebelum berpikir kesana, sebaiknya fokuslah pada kualifikasi (pendidikan dan skill) yang dibutuhkan untuk posisi/pekerjaan yang diinginkan. Urusan gaji, sifatnya sangat relative.
Bahkan di fase saya sekarang ini, saya sampai berpikir bahwa:
"Tak masalah apapun profesi dan pekerjaan yang dijalankan saat ini, sepanjang dilakukan dengan penuh rasa suka dan cinta. Profesi dan pekerjaan yang dijalankan dengan penuh rasa suka dan cinta, disamping tidak melelahkan juga menghasilkan output yang jauh lebih baik (dalam kuantitas dan kualitas)—jika dibandingkan dengan pekerjaan yang dilakukan dengan hati dan pikiran yang menanggung beban berat. Urusan uang, nanti akan datang dengan sendirinya, sejumlah YANG PANTAS kita terima—sesuai dengan besarnya upaya yang kita lakukan dan kontribusi yang kita hasilkan. Bukan yang lainnya."

sumber : Jurnal Akutansi Keuangan
Di kutip dari : www.jurnalakuntansikeuangan.com

Pengalaman punya Blog

Oke posting ini menceritakan tentang pengalaman memiliki blog pribadi bagi saya.

Sebenarnya saya buta sekali dengan dunia blog dikarenakan saya tidak begitu hobi menulis, melainkan hobi saya adalah menggambar. Biasanya sih Panorama, Gedung bertingkat, dan Kendaraan.

Dengan memasuki dunia Perkuliahan saya dituntut untuk memiliki blog pribadi yang fungsinya untuk menambah nilai mata kuliah softskill.
Walaupun saya amatir dalam menulis saya akan mencoba untuk belajar, walaupun hanya otodidak.

Meminta bantuan dari si Om Google. Hehe
Untuk mencarikan referensi cara mengelola blog, mendesain blog dan membuat blog menjadi menarik.

Banyak yang belum saya Ekplorasi dari Blogger, mungkin seiring berjalannya waktu saya bisa mahir dan dapat mengamalkan ilmu mengelola blog ini kepada teman-teman saya.

Mengapa saya memilih Blogger untuk membuat blog dari pada di Blog sebelah W******** (gak mau nyebut merk). Ya karena Blogspot itu domain yang sudah sangat terkenal di dunia blog ketimbang blog sebelah. hehe

Sekian dari cerita saya.
Terima Kasih, sampai jumpa di postingan berikutnya.

Senin, 22 Juli 2013

Leadership and Organization

Oke guys dalam posting an pertama ini saya akan berbagi cerita dan pengalaman, yap pengalaman saya menjadi Leader, ya walaupun Cuma Leader Class (Ketua kelas) tapi jam terbang saya udah lumayan tinggi lho, pengalaman yah lumayan banyak  :D *nyengir-nyengir pede gak jelas

Udah ah.... kembali ke topik awal kalo anda yang udah pernah berorganisasi pasti pernah ngerasaain yang namanya Suka, Duka, Pahit, Manis, Asem, Asin, Anyir, Nyesek, Capek... Nya berorganisasi dan kalian berasa menjadi Pemimpin dalam organisasi itu. Kenapa saya bilang semua itu, karena itu yang pasti anda rasakan pada saat berorganisasi.
Eits jangan takut dulu, ternyata berorganisasi itu mudah dan menyenangkan lho kalian bakal punya teman-teman seperjuangan baru, apalagi dapet gebetan... nah kan ada bonusnya :D hehe
Leadership atau Kepemimpinan itu sangat diperlukan dalam dunia organisasi karena jika kalian punya Karakter Leadership kalian akan dihormati, disegani, bahkan bisa menambah teman lho. Setiap Manusia dilahirkan pasti memiliki sifat karakter Pemimpin atau Khalifah, mungkin banyak dari kamu yang belum pernah merasakan. Itu hanya belum digali saja, Lho digali ? Udah kaya gali kuburan aja :D Wkwkwk
Kembali ke pembahasan...
Kalo kamu yang belum pernah merasakan menjadi pemimpin dalam organisasi tapi nggak tau caranya ditambah pengen sekalian Eksis? ^-^ Caranya kalian ikuti Organisasi yang ada di Sekolah, Kampus bahkan di Majelis juga boleh lho agar kalian mengetahui karakter Kepemimpinan kalian.
Bagaimana jika kalian punya sifat pemalu tapi ingin coba berorganisasi? Jawabannya buanglah sifat malu mu itu jauh-jauh walaupun sulit tapi perlahan demi perlahan.
Kalo gak bisa juga? Emang kamu ditakdirkan jadi Pemalu :D
Selagi masih muda coba deh ikutin aja organisasi baik OSIS, Pramuka, Rohis, BEM dan Organisasi tapi yang bermanfaat lho, jangan geng motor di ikutin juga :D Wkwkwk... disana kalian akan merasakan belajar berorganisasi yang baik, etika, kerjasama agar kamu menemukan Leadership yang ada di dalam diri kamu.
Selain menambah jiwa berorganisasi Leadership dapat pula menambah Rasa Percaya diri, karena kamu akan dituntut untuk sering berdiskusi, tukar pikiran, kerjasama bahkan menjadi Panitia dalam sebuah Event, pokoknya banyak manfaatnya dan kalian gak pernah merasa rugi. Pengalaman ini akan terasa jika kamu sudah turun ke Anggota Masyarakat  jadi kamu tidak kikuk lagi yang namanya berbicara didepan khalayak, menyelesaikan masalah dan apapun itu karena sudah mempunyai bekal yang pernah didapat sewaktu muda.
Perusahaan pun pada saat kamu melamar pekerjaan kamu akan ditanya “Pernah ikut berorganisasi?” Bagi kamu yang pernah langsung tersenyum dan mengatakan “Pernah pak”. Itu merupakan poin awal menuju kesuksesan kamu di masa yang akan datang.
Jadi nggak ada ruginya kan Berorganisasi supaya jiwa karakter Leadership kamu muncul sehingga kamu menjadi orang yang ber kharisma... Cie merek motor kali :D WKwkwk