1. Apa
yang di maksud dengan Pemasaran?
Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang
perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam
upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan
karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara
langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan
sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar.
Sumber : Blog Skripsi Manajemen
2. Mengapa Pemasaran sering
disebut juga sebagai Permintaan?
Menurut sumber yang saya baca, Pemasaran itu
sangat erat kaitannya dengan Permintaan.
Karena Pemasaran itu adalah kegiatan penjualan
kepada konsumen.
Pada perusahaan, barang yang akan diserahkan ke
konsumen adalah tugas dari Manajemen Pemasaran, apabila barang yang dijual ke
konsumen bermanfaat bagi konsumen Pemasaran harus terampil melihat peluang
untuk memanjakan konsumen dengan melihat situasi dan terjun ke lapangan, jika
barang terus dibutuhkan maka Permintaan terhadap akan terus berlanjut.
3. Jelaskan perbedaan
Kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti Pemasaran, serta contohnya!
Kebutuhan adalah Konsep dasar yang
melandasi pemasaran adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia adalah
pernyataan dari rasa kehilangan, dan manusia mempunyai banyak kebutuhan yang
kompleks. Kebutuhan manusia yang kompleks tersebut karena bukan hanya fisik
(makanan, pakaian, perumahan dll), tetapi juga rasa aman, aktualisasi diri,
sosialisasi, penghargaan, kepemilikan. Semua kebutuhan berasal dari masyarakat
konsumen, bila tidak puas konsumen akan mencari produk atau jasa yang dapat
memuaskan kebutuhan tersebut.
Contoh :
- Setiap manusia memerlukan makan untuk bertahan hidup
- Seseorang membutuhkan cinta, kasih dan sayang dari orang terdekatnya
Keinginan adalah Bentuk kebutuhan
manusia yang dihasilkan oleh budaza dan kepribadian individual dinamakan
keinginan. Keinginan digambarkan dalam bentuk obyek yang akan memuaskan
kebutuhan mereka atau keinginan adalah hasrat akan penawar kebutuhan yang
spesifik. Masyarakat yang semakin berkembang, keinginannya juga semakin luas,
tetapi ada keterbatasan dana, waktu, tenaga dan ruang, sehingga dibutuhkan
perusahaan yang bisa memuaskan keinginan sekaligus memenuhi kebutuhan manusia
dengan menenbus keterbatasan tersebut, paling tidak meminimalisasi keterbatasan
sumber daya.
Contoh :
- manusia butuh makan, tetapi keinginan untuk memuaskan lapar tersebut tergantung dari budayanya dan lingkungan tumbuhnya.
- Orang Yogya akan memenuhi kebutuhan makannya dengan gudeg, orang Jepang akan memuaskan keinginannya dengan makanan sukayaki dll.
Sumber : Pemasaran Keuangan Blogspot
0 komentar:
Posting Komentar