Pages

Jumat, 25 Oktober 2013

Tugas 2 : Pengantar Bisnis

1. Apa yang dimaksud dengan Bisnis?

Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Sumber Wikipedia

2. Sebutkan & Jelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia, minimal 7 point!


Iklim bisnis di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah :
1)  Faktor modal
Dengan modal yang dimiliki, orang bisa mulai berbisnis. Besar modal yang diperlukan untuk berbisnis tergantung dari bisnis apa yang akan kita jalani.


2)  Faktor SDM (Sumber Daya Manusia)
Agar bisnis yang dijalani tersebut sukses dan menghasilkan banyak keuntungan, tentu diperlukan orang-orang yang terampil, kreatif, berkualitas tinggi, ulet, mampu berinovasi, pantang menyerah, mempunyai kemampuan bersaing yang tinggi (kompetitif), sportif dan pandai mengolah bisnisnya.


3)  Faktor ketepatan produk atau kecocokan produk 
Faktor ini juga mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia. Produk yang cocok adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen serta harganya terjangkau (sesuai dengan daya beli konsumen). Produk tersebut harus bisa memberikan manfaat kepada konsumen dan bila perlu dapat memberikan tambahan kepuasan kepada konsumen. Orang yang berbisnis harus benar-benar mempertimbangkan harga yang mereka tetapkan. Mereka harus bisa menetapkan harga yang terjangkau dengan daya beli konsumen namun dengan tetap memperhitungkan biaya yang telah dikeluarkannya. Mereka juga harus memperhatikan harga pesaingnya. Konsumen tentu akan memilih produk yang harganya terjangkau namun dengan tetap mempertimbangkan  kualitas produk yang akan mereka konsumsi. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus selalu memperhatikan kualitas barang yang diproduksinya.


4)  Faktor lingkungan masyarakat
Lingkungan masyarakat juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap iklim bisnis di Indonesia. Lingkungan masyarakat cenderung dinamis, selalu ada perubahan. Kebutuhan dan keinginan masyarakat bermacam-macam dan selalu berubah-ubah. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus selalu memperhatikan lingkungan masyarakat.


5)  Faktor persaingan pasar
Pada kenyataannya di Indonesia, banyak sekali bisnis-bisnis yang saling bersaing untuk dapat menguasai pasar sehingga mereka mendapatkan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus mempunyai strategi untuk dapat menguasai pasar dan mengalahkan pesaingnya.


6)  Faktor teknologi 
Faktor teknologi juga berpengaruh terhadap iklim bisnis di Indonesia. Semakin maju teknologi yang digunakan, semakin berkembang pula bisnis yang dijalani, namun dengan tetap memperhatikan skill serta faktor-faktor lainnya.


7)  Faktor alam
Jika alam tidak bersahabat dengan kita tentu kegiatan bisnis pun dapat terganggu. Contohnya adanya bencana banjir, tanah longsor dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus memilih tempat bisnis yang sesuai dan kita harus bersahabat dengan lingungan serta jangan merusakya.

8)  Faktor jenis bisnis
Faktor ini juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap klim bisnis di Indonesia. Dalam berbisnis tentunya kita harus memilih bisnis di bidang apa yang akan kita jalani. Dalam memilih jenis bisnis tersebut, sebaiknya kita memilih jenis bisnis yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Contohnya bisnis di bidang pertanian. Kita juga harus mempertimbangkan keuntungan yang akan kita peroleh sebelum kita menentukan bisnis di bidang apa yang akan kita jalani.


9)  Faktor kebijakan pemerintah 
Kebijakan pemerintah juga turut mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia. Kebijakan pemerintah tersebut bisa saja mendatangkan peluang bagi bisnis kita dan bisa pula menyebabkan hambatan bagi bisnis kita. Contohnya kebijakan dalam menetapkan pajak.


10)  Faktor kondisi negara
Kondisi negara yang dimaksud dapat berupa kondisi perekonomian, sosial politik maupun pertahanan dan keamanan negara. Kondisi negara yang tidak menentu bisa menghambat bisnis yang dijalani. Contohnya saat terjadi inflasi. Tentu saja kondisi ini turut mempengaruhi bisnis yang sedang dijalani.

Sumber Blogspot

3. Seberapa besar bisnis berpengaruh dalam kehidupan anda sehari-hari ? Jelaskan!

Seberapa besar bisnis berpengaruh dalam kehidupan kita? Menurut pengamatan saya hampir semua kegiatan transaksi bisa disebut bisnis, dari hal terkecil, menengah, dan besar.


Ingat! Bisnis itu harus menguntungkan...

Bisnis masuk ke Seluruh aspek mulai dari hal terkecil contohnya penjualan makanan kecil atau jajanan dari Pedagang, karena pedagang ini ingin mendapatkan keuntungan makanya pedagang ini harus berjualan.
Masuk ke aspek menengah contoh penjualan alat elektronik, karena manusia jaman sekarang sangat membutuhkan alat elektronik, maka pengusaha bisa melihat peluang itu dengan berdagang alat elektronik karena prospeknya bagus.
Terakhir masuk ke aspek besar, contoh kerjasama antar Perusahaan dalam skala besar, ini akan mendampakkan keuntungan dari kedua belah pihak.


Jika kita berbicara bisnis itu sangat luas, Apapun bisa kita lakukan. Tapi kita harus memikirkan matang-matang jika kita ingin berbisnis. Hal yang harus diperhatikan adalah melihat Peluang dan pastinya Prospek dari apa yang sedang dibutuhkan atau dicari pada dewasa ini.
Mengelola bisnis itu susah-susah gampang tergantung dari passion diri sendiri, karena dalam bisnis ini kita harus memutar otak agar mendapatkan keuntungan jangan sampai kita mendapatkan kerugian.
Sekian.




0 komentar:

Posting Komentar