Sumber Wikipedia
2. Sebutkan & Jelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia, minimal 7 point!
Iklim bisnis di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor,
diantaranya adalah :
1) Faktor modalDengan modal yang dimiliki, orang bisa mulai berbisnis. Besar modal yang diperlukan untuk berbisnis tergantung dari bisnis apa yang akan kita jalani.
2) Faktor SDM (Sumber Daya Manusia)
Agar bisnis yang dijalani tersebut sukses dan menghasilkan banyak keuntungan,
tentu diperlukan orang-orang yang terampil, kreatif, berkualitas tinggi, ulet,
mampu berinovasi, pantang menyerah, mempunyai kemampuan bersaing yang tinggi
(kompetitif), sportif dan pandai mengolah bisnisnya.
3) Faktor ketepatan produk atau kecocokan produk
Faktor ini juga mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia. Produk yang cocok
adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen serta
harganya terjangkau (sesuai dengan daya beli konsumen). Produk tersebut harus
bisa memberikan manfaat kepada konsumen dan bila perlu dapat memberikan
tambahan kepuasan kepada konsumen. Orang yang berbisnis harus benar-benar
mempertimbangkan harga yang mereka tetapkan. Mereka harus bisa menetapkan harga
yang terjangkau dengan daya beli konsumen namun dengan tetap memperhitungkan
biaya yang telah dikeluarkannya. Mereka juga harus memperhatikan harga
pesaingnya. Konsumen tentu akan memilih produk yang harganya terjangkau namun
dengan tetap mempertimbangkan kualitas produk yang akan mereka konsumsi.
Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus selalu memperhatikan kualitas
barang yang diproduksinya.
4) Faktor lingkungan masyarakat
Lingkungan masyarakat juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap iklim
bisnis di Indonesia. Lingkungan masyarakat cenderung dinamis, selalu ada
perubahan. Kebutuhan dan keinginan masyarakat bermacam-macam dan selalu
berubah-ubah. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus selalu memperhatikan
lingkungan masyarakat.
5) Faktor persaingan pasar
Pada kenyataannya di Indonesia, banyak sekali bisnis-bisnis yang saling
bersaing untuk dapat menguasai pasar sehingga mereka mendapatkan keuntungan
yang maksimal. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus mempunyai strategi
untuk dapat menguasai pasar dan mengalahkan pesaingnya.
6) Faktor teknologi
Faktor teknologi juga berpengaruh terhadap iklim bisnis di Indonesia. Semakin
maju teknologi yang digunakan, semakin berkembang pula bisnis yang dijalani,
namun dengan tetap memperhatikan skill serta faktor-faktor lainnya.
7) Faktor alam
Jika alam tidak bersahabat dengan kita tentu kegiatan bisnis pun dapat
terganggu. Contohnya adanya bencana banjir, tanah longsor dan lain-lain. Oleh
karena itu, kita harus memilih tempat bisnis yang sesuai dan kita harus
bersahabat dengan lingungan serta jangan merusakya.
Faktor ini juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap klim bisnis di Indonesia.
Dalam berbisnis tentunya kita harus memilih bisnis di bidang apa yang akan kita
jalani. Dalam memilih jenis bisnis tersebut, sebaiknya kita memilih jenis
bisnis yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Contohnya bisnis di bidang
pertanian. Kita juga harus mempertimbangkan keuntungan yang akan kita peroleh
sebelum kita menentukan bisnis di bidang apa yang akan kita jalani.
9) Faktor kebijakan pemerintah
Kebijakan pemerintah juga turut mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia.
Kebijakan pemerintah tersebut bisa saja mendatangkan peluang bagi bisnis kita
dan bisa pula menyebabkan hambatan bagi bisnis kita. Contohnya kebijakan dalam
menetapkan pajak.
10) Faktor kondisi negara
Kondisi negara yang dimaksud dapat berupa kondisi perekonomian, sosial politik
maupun pertahanan dan keamanan negara. Kondisi negara yang tidak menentu bisa
menghambat bisnis yang dijalani. Contohnya saat terjadi inflasi. Tentu
saja kondisi ini turut mempengaruhi bisnis yang sedang dijalani.
Sumber Blogspot
3. Seberapa besar bisnis berpengaruh dalam kehidupan anda sehari-hari ? Jelaskan!
Ingat! Bisnis itu harus menguntungkan...
Bisnis masuk ke Seluruh aspek mulai dari hal terkecil contohnya penjualan makanan kecil atau jajanan dari Pedagang, karena pedagang ini ingin mendapatkan keuntungan makanya pedagang ini harus berjualan.
Masuk ke aspek menengah contoh penjualan alat elektronik, karena manusia jaman sekarang sangat membutuhkan alat elektronik, maka pengusaha bisa melihat peluang itu dengan berdagang alat elektronik karena prospeknya bagus.
Terakhir masuk ke aspek besar, contoh kerjasama antar Perusahaan dalam skala besar, ini akan mendampakkan keuntungan dari kedua belah pihak.
Jika kita berbicara bisnis itu sangat luas, Apapun bisa kita lakukan. Tapi kita harus memikirkan matang-matang jika kita ingin berbisnis. Hal yang harus diperhatikan adalah melihat Peluang dan pastinya Prospek dari apa yang sedang dibutuhkan atau dicari pada dewasa ini.
Mengelola bisnis itu susah-susah gampang tergantung dari passion diri sendiri, karena dalam bisnis ini kita harus memutar otak agar mendapatkan keuntungan jangan sampai kita mendapatkan kerugian.
Sekian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar