Pages

Selasa, 17 November 2015

Mini Artikel & Citizen Journalism

Topik                     : Ekonomi
Tema                     : Perkembangan Infrastruktur Transportasi Massal
Judul                     : Dampak Penyempitan ruas jalan akibat pembangunan MRT Jakarta
Premis Mayor      : Pengerjaan proyek MRT Jakarta mengalami progress yang signifikan
Premis Minor       : Ruas jalan Fatmawati sampai Bundaran Patung Pemuda Senayan mengalami kemacetan akibat penyempitan jalan
Simpulan              : Pengerjaan proyek MRT Jakarta yang berimbas kemacetan akibat penyempitan ruas jalan.

Isi artikel :  
                        
                Pengerjaan proyek MRT Jakarta sampai saat ini mengalami perkembangan yang signifikan, sampai hari ini prosentase kemajuan kerja sudah mencapai angka 35%, proyek infrastruktur yang akan mencatat sejarah bangsa Indonesia ini ditargetkan akan rampung pada tahun 2018, tepatnya pada pagelaran akbar Asian Games 2018. Nilai Investasi Proyek ini diestimasikan sebesar Rp 20 Triliun untuk tahap satu. Dana tersebut didapat dari APBN, APBD dan pinjaman kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jepang. Untuk pengerjaannya proyek ini dikerjakan oleh Konsorsium Indonesia - Jepang, Indonesia melakukan kerjasama dengan Jepang dalam pengerjaan ini dikarenakan Jepang sudah berpengalaman dan memiliki teknologi tinggi. 
   
Meski demikian pengerjaan MRT Jakarta juga memberikan dampak bagi kemacetan dari titik perempatan Fatmawati sampai Bundaran Patung Pemuda Senayan, seperti pada jam-jam pergi dan pulang kantor. Kemacetan ini diakibatkan oleh penyempitan ruas jalan sampai pedestrian yang dikorbankan karena pengerjaan proyek di median jalan yang membutuhkan ruang kerja. Kerugian waktu dan nilai ekonomi harus dibayar mahal oleh warga yang setiap hari nya melewati jalur ini.

Liputan bisa dilihat disini





0 komentar:

Posting Komentar