Pages

Sabtu, 23 November 2013

Tugas 6 (Kelompok) : Pengantar Bisnis

BISNIS FRANCHISE


“KEBAB TURKI BABA RAFI”


LATAR BELAKANG

Suatu bentuk usaha bisnis yang banyak dilirik oleh pengusaha saat ini, baik itu pebisnis baru/pemula ataupun pebisnis yang sudah berpengalaman. Konsep bisnis waralaba ini sangat memungkinkan seseorang yang memiliki modal materill tapi kurang berpengalaman dalam membangun bisnisnya sendiri untuk memilih sebuah usaha yangmenguntungkan, terutama jika membeli waralaba dari sebuah merk dagang yang sudah terkenal. Potensi bisnis ini sangat menguntungkan untuk jangka waktu yang lama, tapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis usaha waralaba cocok untuk semua orang.
            
Untuk setiap pengusaha yang mempunyai modal besar, membeli franchise / waralaba yang harganya mahal itu bukan sebuah masalah. Tapi tidak demikian modal terbatas, biasanya mereka akan berpikir berkali-kali sebelum memutuskan menjalankan usaha waralaba. Besar biaya untuk menjalankan waralabasangat beragam, murah atau mahal itu menurut saya relative dilihat dari potensi bisnisnya untuk jangka panjang. Harga waralaba biasanya berkisar mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 1 milliar, tapi untuk waralaba lokal ternyata ada juga yang menawarkan harga sekitar Rp 5 jutaan.

Kebab Turki Baba Rafi adalah sebuah jaringan waralaba kebab terbesar di dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2005 di Surabaya dan sekitar 2010-an, kantor pusatnya dipindahkan ke Jakarta. Saat ini, Kebab Turki Baba Rafi memiliki lebih dari 1000 gerai di Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Pada tahun 2005, gerai miliknya telah menerapkan sistem waralaba hingga sekarang. Tak hanya di Indonesia, gerai Kebab Turki Baba Rafi pun juga dibuka di Malaysia dan Filipina. Bahkan, Kebab Turki Baba Rafi telah mendapatkan penghargaan di kancah nasional dan internasional.
Seiring dengan kesuksesan nya Tahun 2009, Kebab Turki Baba Rafi bekerja sama dengan Belfoods Indonesia untuk peningkatan mutu dan gizi pada dagingnya, serta telah mendapatkan sertifikat resmi dari Badan POM dan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia. 




TUJUAN

-          VISI

Berusaha untuk menjadi yang terbesar,menguntungkan dan rantai kebab paling berperngaruh di dunia.

-          MISI

kita berusaha untuk menjadi rantai kebab terbesar didunia dengan menegakkan makanan terjangkau berkualitas tinggi dengan layanan yang unggul untuk waralaba kami dan pelanggan. kami juga ditujukan untuk meningkatkan sumber daya manusia dan konsisten imolementing program tanggung jawab sosial yang mendukung masyarakat dan pemegang saham.




PEMBAHASAN

-         Kegiatan
Penjualan makanan ringan yang berasal dari Timur Tengah yaitu pertama kalinya dilakukan di Indonesia, karena inovasi nya sehingga sangat diminati oleh banyak konsumen karena menciptakan sesuatu yang segar dan baru. Penjualan kebab ini biasanya dilakukan oleh perorangan dan memiliki gerobak usaha (counter) yang seragam dan biasa kita temui di pinggir jalan atau pusat keramaian.

-         Proses
Jika calon wirausaha baru (pertama kali) berjualan waralaba yaitu mendaftarkan diri ke Kantor Pusat Kebab Turki Baba Rafi yang beralamat di Jalan RS. Fatmawati No. 33 Pondok Labu. Jakarta Selatan.
Disana, calon Wirausaha akan di beri arahan  dan konsultasi sebelum memulai usaha ini dengan ahli nya. Selanjutnya, calon wirausaha ini membuat persetujuan dengan menandatangani kesepakatan kerjasama dan langsung memilih jenis counter dan alat-alat yang nanti akan digunakan berjualan. Seorang calon wirausaha akan dibantu menemukan lokasi yang strategis untuk berjualan dan pasti memiliki prospek yang bagus. Setelah mendapatkan lokasi, counter dan alat-alat akan dikirim langsung ke lokasi. Tidak lupa dengan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat kebab. Terakhir, Calon wirausaha membayar modal awal dengan prinsip Syari’ah dan langsung bisa berjualan.

-         Keuangan
Dengan modal awal Rp 55 juta, calon wirausaha akan mendapatkan 1 set lengkap yang terdiri dari counter dan peralatan lainnya (misal penggorengan dan alat pemanggang daging), karyawan yang sudah dilatih, dibantu mencari lokasi usaha, masa kerja selama 5 tahun, manual book (SOP), paket promosi (misal banner, neon box), dan lain-lain. Hendy mengungkapkan bahwa dalam jangka waktu 18 bulan sudah bisa balik modal.

-          Hasil
Omzet 1 outlet biasanya sekitar Rp 10-Rp 15 juta per bulan, bahkan ada yang mencapai Rp 60 juta, tergantung dari lokasi usahanya. Usaha ini sangat prospektif untuk dikembangkan karena semakin lama makanan kebab banyak dikenal masyarakat.




KESIMPULAN

Setiap orang pasti ingin mencapai kesuksesan tetapi tidak tahu caranya mencapai tujuan tersebut, pengusaha melihat peluang itu dengan membuat bisnis waralaba yang dapat membantu usaha kecil untuk menjadi besar dan sukses. Sebut saja Kebab Turki Baba Rafi, sebuah bisnis makanan khas timur tengah yang telah sukses dan kini telah memiliki 1.001 outlet yang tersebar di Negara-negara Asia. Seseorang calon wirausaha ingin berdagang waralaba harus memiliki rencana yang baik agar tidak rugi besar, di bantu oleh ahlinya bisnis Waralaba ini insyaAllah memiliki prospek yang baik. Bisnis seperti ini sangat bagus diterapkan di Indonesia karena modal nya sedikit dan memilki keuntungan yang menjanjikan.


REFERENSI
 Laman Kebab Turki Baba Rafi  http://babarafi.com/new/



SOAL PEMBAHASAN

·        Jelaskan apa dampak plus dan minus dari Franchising tersebut bagi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia?

Bisnis Waralaba merupakan bisnis yang baru dan inovatif sehingga sangat berpengaruh terhadap Ekonomi Indonesia pasalnya dapat membuka peluang usaha para Calon Wirausaha yang ingin memulai bisnis nya dengan modal yang tidak besar. Apalagi didukung dengan keuangan Syari’ah. Bisnis strategis ini banyak menciptakan peluang sehingga dari waralaba ini menimbulkan usaha baru yang mendukung Waralaba. Bisnis ini juga dapat menciptakan banyak lapangan kerja baru baik outlet maupun kantor waralaba, sehingga bisnis ini dapat menaikkan derajat UMKM di Indonesia dan menaikkan Pendapatan Per-Kapita.


         Sebutkan keuntungan usaha Franchise tersebut!

Semua wirausaha pasti dimulai dari nol, pasti juga banyak ruginya, namun seiring dengan berjalan nya waktu didukung dengan kemampuan wirausaha tersebut maka akan mendapatkan keuntungan.
Ada 3 keuntugan yang kami dapat kami lihat dari Bisnis Waralaba ini :

1. Keuntungan Finance : wirausaha mendapatkan omzet setiap bulannya.

2. Keuntungan Sosial : menciptakan lapangan usaha, mengurangi tingkat pengangguran.
3. Keuntungan Kebutuhan : konsumen memerlukan sesuatu yang baru dan segar termasuk kuliner.



TUGAS PAPER INI DIBUAT OLEH :

NAMA              : AGUNG PRATAMA (20213356)
                            ANISA MULYASARI (21213076)
                            BUNGA CHINTYA (21213816)
KELAS              : 1EB02
MATA KULIAH : PENGANTAR BISNIS





0 komentar:

Posting Komentar